Default

Berita Ciamis Terupdate Pekan Ini

Berita Ciamis Terupdate Pekan Ini

Pada kesempatan kali ini, situs Harapanrakyat.com sebagai penyedia berita konten writer terupdate, akan menyajikan Berita Ciamis Terupdate untuk pekan ini.

Dalam Dua Hari, Dua Rumah Di Ciamis Terbakar

Dalam dua hari pada pekan ini, tepatnya pada tanggal 16 dan 17 Juli 2018, telah terjadi dua kebakaran berturut-turut. Meskipun kebakaran memang sangat rawan terjadi akibat dari berbagai kelalaian seperti Konsleting Listrik, hingga lupa mematikan kompor, dll, tapi dua kebakaran yang terjadi berturut-turut semacam ini sangat jarang terjadi.

Kebakaran yang terjadi hari Selasa (Sekitar Pukul 09.00 WIB) telah menghanguskan salah satu rumah secara total. Lokasi kebakaran terletak di Kecamatan Lakbok, dan diduga kuat merupakan kebakaran yang disebabkan oleh nyala api dari kompor yang menyambar bensin (yang terletak di dekat kompor). Kelalaian semacam ini sangat perlu diperhatikan karena bisa berakibat jatuhnya korban jiwa.

Kebakaran kedua menimpa Rumah dan Toko (Ruko) yang terbakar adalah milik Bapak Oyon, yang terletak di Dsn. Karangmalang, RT/Rw 32/10, Desa Puloerang, Kec. Lakbok, Ciamis Jawa Barat. Paling tidak, 3 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan langsung di lokasi. 2 unit berasal dari Damkar Kota Banjar, dan 1 unit dari Damkar Ciamis.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kota Banjar, Asep Setiadi S.Pd mengatakan bahwa :

“Kebakaran tersebut (yang menimpa Ruko Bakap Oyon) telah terjadi sekitar pukul 08.45 WIB, Selasa (17/07), dan telah melahap seluruh bagian Ruko tersebut”.

Setelah mendapatkan laporan dari warga sekitar, unit pemadam kebakaran langsung diterjunkan ke lokasi.

Salah satu anggota Pusdalops PB BPBD Kab. Ciamis, Jajang Maulana, yang juga turut terjun langsung ke lokasi kejadian mengatakan bahwa :

“Pemadaman kali ini dilakukan secara bergotong-royong dengan masyarakat sekitar. Setidaknya 3 unit Damkar telah diterjunkan ke lokasi kejadian. Tapi, karena material rumah dan barang-barang dagangan yang mudah terbakar, disertai dengan angin kencang, membuat Ruko tersebut ludes dilahap api”.

Selanjutnya, BPBD Ciamis juga turut memberikan bantuan logistik kepada korban yang rumahnya terbakar.