Default

Penyebab dan Jenis Komedo

Penyebab dan Jenis Komedo

Komedo mungkin sudah menjadi masalah sehari-hari. Banyak produk pembersih wajah dan produk kecantikan lainnya mengeluarkan alat untuk membersihkan komedo dengan cepat. Kamu juga pasti sering menggunakan produk-produk tersebut kan? Namun, tahukah kamu sebenarnya apa komedo itu? Kenapa komedo dapat muncul? Apa saja jenis-jenis komedo? Menurut alodokter.com komedo adalah benjolan kecil yang muncul pada pori-pori kulit dan merupakan cikal bakal dari jerawat. Munculnya komedo kadang membuat kita tidak percaya diri karena dapat merusak penampilan wajah. Komedo biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, kecuali pada komedo yang infeksi. Infeksi ini yang menyebabkan munculnya jerawat, bengkak dan kemerahan. Bagaimana komedo terbentuk? Komedo terbentuk akibat dari tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan minyak. Terdapat jenis-jenis komedo, yaitu komedo hitam dan putih. Komedo hitam adalah permukaannya terbuka dan terpapar langsung oleh udara sehingga warnanya berubah menjadi coklat atau kehitaman, sedangkan komedo putih adalah komedo dengan permukaan tertutup dan warnanya menyerupai warna kulit atau berwarna putih.

Lalu apa yang penyebabkan komedo muncul? Komedo akan muncul ketika sel kulit mati dan minyak berkumpul hingga menyumbat pori-pori. Minyak ini dihasilkan oleh kelenjar minyak di dalam pori-pori. Ada beberapa faktor yang membuat seseorang rentan mengalami komedo seperti iritasi pori-pori kulit seperti mencuci wajah dengan kasar atau efek samping perawatan sinar laser, perubahan hormon seperti masa pubertas dan mestruasi, jumlah bakteri yang meningkat pada permukaan kulit, mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid atau pil KB, terkena pahan kimia pada produk kosmetik, mengonsumsi makanan dan minuman dengan gula dan leka tinggi dan memiliki kebiasaan merokok.

Bagaimana cara menghilangkan komedo? Cara menghilangkannya disesuaikan dengan jenis-jenis komedo. Dilansir dari hellosehat.com cara menghilangkan komedo dapat seperti:

  1. Komedo hitam

Komedo hitam lebih mudah dibersihkan jika dibandingkan dengan komedo putih. Cara yang paling sederhana adalah dengan menekannya dari kedua sisi, ini yang paling sering dilakukan oleh orang-orang atau bahkan kamu sering melakukannya. Namun, kamu perlu hati-hati ketika memencet karena rentan terjadi infeksi. Koemdo hitam dapat diatasi dengan menggunakan produk seperti AHA dan BHA yang dapat bekerja dengan cara mengelupaskan lapisan teratas kulit yang kusam sekaligus membersihkan pori-pori kulit, clay mask juga dapat digunakan untuk membantu mengeluarkan kotoran, minyak dan bahan-bahan lain yang menyumbat pori-pori. Selain itu, obat jerawat yang dijual bebas juga dapat digunakan, biasanya obat jerawat mengandung salisilat, benzoil peroksida dan resorcinol. Ketiga bahan tersebut dapat membunuh bakteri, mengurangi produksi minyak berlebih dan menyingkirkan sel-sel kulit matl.

  1. Komedo putih

Komedo ini lebih sulit untuk dikeluarkan. Komedo yang terasa timbul bila diraba bahkan tetap sulit diekstraksi sekali pun menggunakan cara yang sama dengan memecahkan jerawat. Ada beberapa produk yang sering digunakan untuk mengatasi komedo putih seperti asam salisilat yang dapat menurunkan produksi minyak pada pori-pori, mengeringkan permukaan kulit serta menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Selain itu, benzoil peroksida juga dapat digunakan untuk menghalau bakteri dan meredakan peradangan. Krim retinoid juga dapat digunakan untuk mencegah penuaan dan terakhir, akmu dapat menggunakan pembersih muka yang mengandung eksfoliator yang dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati. Selain untuk komedo, eksfoliator juga dapat membersihkan seluruh wajah dan membuat jadi lebih lembut.

Itulah yang dapat kamu ketahui tentang komedo, penyebab dan jenis-jenis komedo.