Default

7 Tips Dalam Membeli Mobil Keluarga

7 Tips Dalam Membeli Mobil Keluarga

Memiliki mobil ekonomis semisal harga nissan serena bisa membuat perjalanan Anda bersama keluarga terasa lebih nyaman. Apalagi jika Anda sering melakukan perjalanan dengan jarak yang jauh, maka mobil terbukti lebih aman saat digunakan dibandingkan motor.

Jika Anda berencana untuk membeli sebuah mobil keluarga, jangan mengambil keputusan dengan terburu-buru. Sebaiknya pertimbangkan beberapa hal di bawah ini sebelum memutuskan untuk membeli mobil pribadi.

Berikut ini penjelasan selengkapnya untuk Anda.

  1. Pahami Apa yang Menjadi Kebutuhan Anda

Pertimbangkan berapa banyak orang yang akan dibawa di dalam mobil, jenis jalan yang biasanya Anda lalui, jarak tempuh rata-rata perjalanan, dan berapa ukuran garasi yang tersedia. Beberapa faktor ini akan menentukan jenis mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Persiapkan Anggaran Bulanan

Jika berencana untuk membayar mobil secara tunai, maka Anda tidak perlu repot memikirkan hal yang satu ini. Mempersiapkan anggaran bulanan penting untuk dilakukan saat Anda memutuskan untuk membeli mobil secara kredit dan membayar angsuran setiap bulan.

Jumlah cicilan mobil yang ideal adalah tidak boleh lebih 15% dari total penghasilan yang Anda dapatkan setiap bulannya. Pertimbangkan untuk menurunkan patokan tersebut apabila Anda memiliki banyak kredit yang perlu dibayarkan setiap bulannya.

  1. Anda Ingin Membeli Atau Menyewa Mobil?

Membeli dan menyewa mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keputusan untuk membeli atau menyewa mobil berada di tangan Anda dan tergantung dari kebutuhan yang Anda miliki saat ini. Jika memutuskan untuk menyewa kendaraan, maka Anda tidak perlu mempersiapkan uang muka yang besar dan membayar cicilan setiap bulan. Saat masa sewa berakhir, Anda tidak akan memiliki kendaraan yang disewa tersebut.

Di sisi lain, membeli mobil membuat Anda perlu membayar uang muka yang besar di awal pembelian dan adanya cicilan yang harus dibayarkan secara rutin. Hal yang menjadi keuntungan adalah setelah masa cicilan berakhir, Anda berhak sepenuhnya untuk memiliki mobil tersebut.

  1. Pertimbangkan Biaya yang Harus Dikeluarkan

Memiliki sebuah mobil membuat Anda perlu mengeluarkan biaya perawatan dan berbagai biaya lain yang jumlahnya tidak sedikit. Biaya yang perlu dipertimbangkan adalah biaya asuransi kendaraan, biaya pemeliharaan rutin, dan biaya bahan bakar.

  1. Jangan Lupa Untuk Melakukan Test Drive!

Untuk mengetahui performa kendaraan yang akan dibeli penting untuk mencoba secara langsung mobil tersebut. Spesifikasi yang dicantumkan di iklan atau penjelasan yang diberikan oleh tenaga sales perlu Anda buktikan secara langsung di lapangan. Uji coba kendaraan Anda di lalu lintas yang padat untuk merasakan suasana nyata saat berkendara. Coba kendaraan saat melewati tanjakan atau turunan dan perhatikan dengan baik bagaimana performa kendaraan saat melewatai tikungan yang tajam. Jangan lupa untuk memperhatikan performa, kecepatan, dan rem yang ada di dalam kendaraan.

  1. Mulailah Memilih Mobil yang Anda Inginkan

Setelah Anda mencoba beberapa kendaraan dan merasakan secara langsung performanya, maka inilah saatnya untuk mempertimbangkan mobil yang akan dibeli. Keputusan pembelian yang tepat adalah saat 5 faktor yang sudah kami jelaskan sudah Anda pertimbangkan dengan baik dan matang.

  1. Sisihkan Anggaran Untuk Membeli Kendaraan

Mobil termasuk kendaraan yang memiliki harga mahal dan sangat jarang masyarakat di Indonesia mampu membeli mobil baru secara tunai. Alternatif untuk mendapatkan mobil adalah dengan membayar DP dan mengangsur pembayarannya setiap bulan.